Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Universitas Negeri Makassar Borong Medali Emas dalam Kejuaraan Nasional Panjat Dinding

MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar borong medali emas dalam kejuaran nasional panjat dinding antarmahasiswa di Universitas Hasanuddin Makassar pekan lalu. Sebanyak tiga kategori lomba medali emas diraih oleh atlet Universitas Negeri Makassar.

Hal ini diungkap oleh Abdul Rasyid, Ketua panitia pelaksana dalam kejuaraan ini, bahwa tiga medali emas diraih oleh atlet dari Universitas Negeri Makassar. Kategori lomba tersebut adalah kategori Speed perorangan putra, kategori lead perorangan putra, dan kategori lead perorangan putri. “Dari masing-masing pemenang medali emas, dia mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3,5 juta,” katanya.

Abdul menambahkan bahwa sebanyak 72 atlet dari 23 kampus yang ikut berpartisipasi dalam memperebutkan total hadiah Rp 36 juta. Kampus tersebut antara lain Universitas Sriwijaya Palembang, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Jember, Universitas Gorontalo, Universitas Tadulako, Universitas Balikpapan, Universitas Haluoleo, Universitas Pattimura, Universitas Samratulangi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Palu, Universitas Hasanuddin, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sinjai, Universitas Muslim Indonesia Makassar, STIH Cokroaminoto Pinrang, Politeknik Negeri Ujung Pandang, STIH Damarica Palopo, Politani Pangkep, dan Universitas Negeri Makassar. “Pelaksana kegiatan adalah kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Universitas Hasanuddin serta dukungan Badan Pembina Olah Raga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sulawesi Selatan serta dukungan teknis dari Pengurus Daerah Federasi Panjat Tebing (FPTI) Provinsi Sulawesi Selatan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Pencinta Alam (Korpala) Universitas Hasanuddin,” katanya.

Pelaksanaan Lomba untuk ketegori ‘Speed’ perorangan dilaksanakan di arena panjat dinding Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Andi Pangerang Pettarani Makassar pada tanggal 26 Nopember 2010. Sedang pelaksanaan Lomba untuk kategori ‘Lead’ perorangan dilaksanakan di arena panjat dinding Korpala Kampus Unhas Tamalanrea pada tanggal 27 Nopember 2010.

Hasil kejuaran untuk kategori ‘Sped’ perorangan putra adalah juara pertama Nurfajrin Kahir dari Universitas Negeri Makassar, juara kedua Aspar dari Universitas Tadulako Palu, dan juara ketiga Angga Cahya dari Universitas Balikpapan. Sedang hasil kejuaran untuk kategori ‘Sped’ perorangan putri adalah juara pertama Tri Adianti dari STIE YPUP Makassar, juara kedua Andi Tenri Leleang Universitas Hasanuddin Makassar, dan juara ketiga Meldawati dari Universitas Negeri Makassar.

Hasil kejuaran untuk kategori ‘Lead’ perorangan putra adalah juara pertama Muhammad Nur Yasin dari Universitas Negeri Makassar, juara kedua Nurfajrin Kahir dari Universitas Negeri Makassar, dan juara ketiga Angga Cahya dari Universitas Balikpapan. Sedang hasil kejuaran untuk kategori ‘Lead’ perorangan putri juara pertama Tri Adianti dari Universitas Negeri Makassar, Juara kedua Andi Tenri Leleang dari Universitas Hasanuddin Makassar, Juara kedua Meti Ferdyana dari Universitas Tadulako Palu.

“Khusus untuk lomba kategori ‘Lead’ perorangan putri ada dua juara kedua karena mempunyai nilai yang sama, sehingga diputuskan oleh tim juri ada dua peserta sebagai juara kedua dan tidak ada Juara tiga,” katanya.

Bagi pemenang lomba, untuk semua kategori Sped dan Lead perorangan baik putra maupun putri, mesing-masing mendapatkan medali dan hadiah uang pembinaan adalah juara pertama memperoleh medali emas dan uang tunai Rp 3,5 juta, juara dua mendapatkan medali perak dengan uang tunai Rp 3 juta, dan juara tiga mendapat medali perunggu dengan uang tunai Rp 2,5 juta. “Total hadiah uang pembinaan sebesar Rp 3,6 juta untuk empat kategori,” katanya.

Menurut Nasaruddin Salam, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, mengatakan bahwa kejuaraan nasional panjat dinding ini merupakan kegiatan besar untuk kalangan mahasiswa yang cukup tinggi peminatnya. Dia berharap kegiatan kejurnas ini agar menjadi agenda tahunan agar tercipta tali silaturahmi antar kampus se Indonesia. “Mudah-mudahan ini menjadi agenda tahunan, sebab kegiatan ini berskala nasional demi pengembangan prestasi olahraga Panjat Dinding di Tanah Air,” katanya.

SYAMSULMARLIN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar