Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sul Sel Diundang ke Belanda untuk Promosi

MAKASSAR – Sulawesi Selatan mendapat undangan ke Belanda untuk melakukan promosi potensi daerah yang dimiliki. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dalam rangka Venlo2012 Holland Word Expo (Floriade 2012) yang merupakan expo yang mendapat pengakuan dari The Bureau International des Exposition. “Floriade merupakan expo yang diadakan setiap sepuluh tahun, dan telah diselenggarakan sejak tahun 1964 Euromaas, Rotterdam, 1972 di Amsterdam Park, 1982 di Belmeermeer, 1992 di Zoetermeer, dan tahun 2002 Harlemmermeer, Amsterdam. Dan kegiatan selanjutnya akan berlangsung di Venlo Belanda tanggal 5 April – 21 Oktober 2012 nanti,” kata Iing Wardah, pihak PT Vidya Citrapradhana yang menjadi fasilitasi Indonesia dalam acara tersebut, di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (3/3) kemarin.
Menurut Iing, Indonesia telah berpartisipasi sebanyak dua kali yakni tahun 1992 dan tahun 2002. Pada tahun 2002 Indonesia berhasil meraih dua medali emas untuk penampilan dua paviliun. Sehingga untuk even yang akan datang khusus Sulawesi Selatan diundang, karena mengingat pertumbuhan Indonesia khususnya Sulawesi Selatan cenderung membaik dengan laju pertumbuhan yang cukup signifikan. “Maka dengan peningkatan ekonomi yang berkesinambungan untuk semua sektor, perlu dikembangkan dan dikomunikasikan ke masyarakat, lembaga pemerintah, dan pelaku bisnis di Uni Eropa untuk lebih memberikan citra positif,” katanya.
Ia menambahkan bahwa promosi potensi yang dimiliki, baik potensi perdagangan, pariwisata, dan investasi perlu tetap ditingkatkan melalui tatap muka langsung antar pelaku bisnis. Karena dengan promosi tersebut, akan membangun citra positif Indonesia khususnya Sulawesi Selatan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat ekonomi Eropa, memberikan peluang kepada pengusaha daerah untuk memasuki pasar global, yang akan memacu pertumbuhan ekonomi dalam negeri khususnya potensi yang dimiliki tersebut. “Target kami dalam kegiatan ini akan membangun jaringan kerjasama antar pelaku bisnis, memperoleh kesempatan kerjasama untuk berbagai peluang yang ditawarkan, menjaring dan meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan Eropa ke Sulawesi Selatan, membentuk opini positif dari masyarakat Internasional terhadap potensi yang dimiliki, serta membangun jaringan persahabatan antar masyarakat Sulawesi Selatan dengan Eropa khususnya Belanda,” katanya.
Adapun konsepnya yaitu dalam satu paket kepesertaan selama dua bulan yaitu satu unit rumah ruang promosi daerah, promosi dan publikasi potensi daerah, promosi potensi perdagangan dan investasi, promosi pariwisata, seni dan budaya, sarana transportasi dan akomodasi selama dua bulan untuk dua orang, serta tempat penyimpangan barang.
Adapun Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, saat menerima pihak PT Vidya Citrapradhana mengatakan bahwa akan mengkaji dari Venlo2012 Holland Word Expo (Floriade 2012) tersebut. Termasuk potensi-potensi unggulan yang dimiliki Sulawesi Selatan dan dapat dipromosikan nantinya. “Kami akan kaji bersama unit kerja yang terkait, karena even tersebut masuk dalam beberapa unit kerja, apakah unit kerja Pariwisata, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal dan Investasi, atau unit kerja lainnya,” katanya.
Ia berharap dengan even tersebut, bukan hanya sekedar promosi, tapi selaku pemerintah butuh target-target yang konkrit dan jelas, seperti apa yang ingin dicapai jika berpartisipasi dalam even tersebut. “Kami butuh waktu pembinaan-pembinaan yang konkrit sebelum ke sana, dan ada harus ada target-taget yang jelas yang harus dicapai,” katanya.
SYAMSULMARLIN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar