Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

6 Ribu Unit Jupiter MX Terjual di 2010

MAKASSAR – Sekitar 6 ribu unit Jupiter MX terjual di Sulawesi Selatan dan Barat untuk tahun 2010. Sebab rata-rata penjualan dalam setiap bulannya adalah 5 ratus unit.

Hal ini diungkap oleh Taufiq Rasyid, pihak Yamaha Makassar, bahwa rata-rata penjualan seluruh produk Yamaha ditahun 2010 untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Barat adalah 12 ribu unit dalam setiap bulannya. Produk yang terlaris adalah motor matic yang berkontribusi sekitar 5 ribu unit terjual setiap bulannya. Khusus Jupiter MX untuk tahun 2010 rata-rata terjual 5 ratus unit setiap bulan. “Untuk produk Jupiter MX model lama persediannya telah habis. Olehnya itu, Yamaha telah meluncurkan produk terbaru khusus Jupiter MX dengan persediaan untuk Sulawesi Selatan sekitar 2 ratus hingga 3 ratus unit,” katanya saat launching produk terbaru Jupiter MX di Mal Trans Studio Makassar, Minggu (9/1) kemarin.
Menurut Taufiq, bahwa Keseriusan Yamaha untuk terus-menerus, mengembangkan industri roda dua ke arah yang lebih baik dan berkualitas terus digerakkan. Hal tersebut menjadikan Yamaha agar selalu eksis dengan inovasi yang semakin di depan. Hari ini, Minggu (9/1) Yamah telah menguji dan memeriksa produk Jupiter MX yang telah mencapai 70 ribu kilometer pada speedometer. Dan ternyata mesin dari motor tersebut masih dalam keadaan bagus tanpa ada cacat atau berupa goresan. “Motor Jupiter MX tersebut adalah produk yang pertama kali keluar ditahun 2006 lalu. Motor tersebut diambil secara acak dari hasil catatan Yamaha dalam melakukan service dan ternyata dengan jarak tempuh 70 ribu kilometer, silinder yang dimiliki motor tersebut masih bagus dan belum ada tanda-tanda keausan atau cacat yang biasa ditandai dengan goresan,” katanya.
“Olehnya itu, produk Jupiter MX terbaru menggunakan diasil silinder dan forget piston yang merupakan teknologi trademark Yamaha dan dihasilkan dari sistem tempa serta tahan terhadap gesekan dan aus, sehingga Yamaha berani memberi garansi 5 tahun atau 50 ribu kilometer,” tambah Taufiq.
Rahman, Divisi Akademisi Yamaha, memaparkan bahwa Jupiter MX terbaru memiliki diasil silinder. Keunggulannya dari diasil silinder antara lain tanpa sleeve atau lapisan dalam, tanpa pengeras pada permukaan silinder karena merupakan komposisi logam, suhu permukaan silinder lebih rendah, nilai muai yang rendah sehingga suara juga rendah, jarak perawatan atau penggantian lebih panjang sehingga tidak perlu “over size” serta konsumsi oli lebih hemat. “Ini khusus pada diasil silinder yang terdiri dari beberapa jenis antara lain dengan menggunakan besi tuang, aluminium dan linier pres besi, aluminium dan linier cor besi, serta dengan lapisan krom,” katanya
Selain diasil silinder, Jupiter MX tipe terbaru juga memiliki forget piston dengan beberapa keunggulan. Antara lain proses pembuatan Piston dengan proses cetak dalam kondisi panas hampir sama dengan proses pembuatan roda gigi yaitu ditempa, kekuatan dan daya keausan serta suhu muai yang lebih tinggi, dimensi yang lebih kecil, koefisien gesek lebih rendah, berat piston lebih ringan, suara “Noise” lebih kecil, dapat mencegah piston “Seazure” (Piston Macet).
Olehnya itu, Taufiq menambahkan, secara umum perubahan dari Jupiter MX model lama ke new Jupiter MX terbilang mengarah pada penyempurnaan teknologi balap dikelas motor moped, perubahan dari empat kecepatan menjadi lima kecepatan membuat Jupiter MX mempunyai nafas yang panjang dengan akselarasi yang spontan serta mencapai kecepatan maksimal lebih baik. Tambahan rem cakram pada roda belakang menambah kesan sporty dengan balutan body aerodinamis. “Tambahan rem cakram pada roda belakang pada roda belakang menambah kesan sporty dengan balutan body aerodinamis serta kecepatan dengan lima transmisi dan speedometer dengan tampilan baru dan striping keren menjadikan Jupiter MX lebih nyaman, gaya dan powerfull saat dikendarai. Walau teknologi sistem pendingin mesin masih mengadopsi model Jupiter MX sebelumnya,” katanya.
Terkait harga, karena new Jupiter MX baru dilaunching di Makassar, maka harga pastinya belum ada. Hanya saja menurut Hendro Divisi Pemasaran Yamaha Jakarta, bahwa harga new Jupiter MX yang menggunakan kopling adalah Rp 16,4 juta. Sedang untuk new Jupiter MX tanpa kopling adalah Rp 15,7 juta. “Itu harga di Jakarta, dan mudah-mudahan harga di Makassar tidak terlalu jauh selisihnya,” katanya.
Secara nasional, menurut Hendro telah terjual 3,5 juta unit motor untuk produk Yamaha selama 2010. Dengan target sebelumnya yaitu 14 ribu unit. “Mudah-mudahan untuk tahun 2011, hasil penjualan jauh lebih tinggi dari tahun 2010,” katanya.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Tempo bahwa perbandingan motor dari tiga produsen terbesar untuk kelas diatas 125cc yaitu Yamaha Jupiter MX 135cc dan Yamaha Xeon 125cc (matik). Untuk Honda CS1 125cc dan Honda SupraX 125cc. Serta Suzuki Skywave 125cc (matik) dan Suzuki New Shogun 125cc.
Selain itu, peringkat motor menurut daya untuk setiap 1000 RPM yaitu Yamaha Jupiter MX 135cc, Honda CS1 125cc, Yamaha Xeon 125cc (matik), Honda SupraX 125cc SW, Suzuki New Shogun 125cc, dan Suzuki Skywave 125cc (matik).
Adapun peringkat motor menurut harga motor untuk setiap 1HP yang dikeluarkan yaitu Honda CS1 125cc, Yamaha Jupiter MX 135cc, Yamaha Xeon 125cc (matik), Suzuki New Shogun 125cc, Honda SupraX 125cc SW, dan Suzuki Skywave 125cc (matik).
SYAMSULMARLIN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar