Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Terkumpul Rp 100 Juta Dana untuk Anak

MAKASSAR – Sebanyak Rp 100 juta dana terkumpul untuk anak negeri yang berhasil digalang dari donasi dalam kegiatan yang digelar dari tanggal 3 Desember 2010 hingga 7 Januari 2011 di Mal Trans Studio. Dana tersebut diserahkan kepada anak-anak negeri melalui Palang Merah Indonesia dan Yayasan Pancaran Harapan Baru.

Menurut Eka Firman Ermawan, Direktur PT Trans Kalla Makassar, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Mal Trans Studio, Metro Departemen Store bekerja sama dengan LEGO merupakan kegiatan pengumpulan dana dimana setiap peserta membayar Rp 25 ribu perorang sebagai donasi dan sekaligus mendapatkan kesempatan selama 30 menit untuk turut serta menyusun kepingan-kepingan LEGO menjadi satu kesatuan modul yang kemudian akan dirangkaikan sehingga membentuk ulat kaki seribu atau milipede yang sangat panjang. Sedang dalam kelompok yang terdiri dari maksimal 4 orang membayar Rp 80 ribu juga mendapat waktu 30 menit untuk merangkai hal yang sama. “ Sehingga makin panjang rangkaian ulat kaki seribu maka makin banyak dana dari donsai yang dikumpulkan,” katanya , Jumat (7/1) kemarin.

“Seluruh dana yang terkumpulkan akan disumbang kepada anak-anak Indonesia melalui Yayasan Pancaran Harapan Baru dan Palang Merah Indonesia. Sedang seluruh peserta berhak membawa pulang sertifikat partisipasi yang membanggakan dari LEGO Internasional yang telah membantu anak negeri,” kata Eka.

Eka menambahkan bahwa kegiatan bermain dan beramal tersebut telah melibatkan 3.390 peserta yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Mereka telah bermain di area LEGO yang berada di Mal Trans Studio sejak tanggal 3 Desember 2010 hingga tanggal 2 Janbuari 2011. “Dari kegiatan ini berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp 100 juta,” katanya.

Bukan hanya dana yang berhasil terkumpul, namun kegiatan tersebut yang pertama kalinya diadakan di Makassar akhirnya memecahkan rekor sebelumnya yang dilakukan di Jakarta pada tahun 2006 dan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia sebagai LEGO milipede terpanjang di Indonesia, dengan modul yang sudah diselesaikan oleh seluruh peserta.

Menurut Paulus Pangka, Senior Manajer  MURI, bahwa terdapat 525 modul yang dirangkai menjadi milipede atau ulat kaki seribu yang panjangnya 273 meter. Sedang rekor sebelumnya dicatat dengan panjang 177,7 meter yang terdiri dari 318 modul. “Sehingga hari ini Jumat (7/1) Makassar berhasil pecahkan rekor muri untuk kategori LEGO milipede terpanjang di Indonesia,” katanya.

Simon Bast, Manajer ALG Denmark, mengatakan bahwa permainan LEGO merupakan permainan yang membentuk ide dan kreatifitas dalam bermain. Sebab anak akan bermain sambil belajar. “Sehingga permainan Lego akan mencerdaskan anak-anak bangsa,” katanya.

Burhanuddin, Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial Kota Makassar, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab selain memberikan permainan untuk anak Makassar, juga memberikan penghargaan baru dalam bentuk pemecahan rekor muri. “Kami selaku pemerintah Kota Makassar sangat mengapresiasi kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu, Syamsu Rijal, Ketua Palang Merah Indonesia Makassar, sangat bangga atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebab anak-anak akan sangat terbantu khususnya anak-anak kurang mampu dengan terkumpulnya dana yang sangat besar. “Insya Allah dana ini akan kami kelola sesuai dengan peruntukkannya yaitu untuk anak negeri,” katanya.

SYAMSULMARLIN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar